wisata lombok

Untuk dapat bepergian, maskapai dan kereta api mensyaratkan penumpang bebas virus corona yang ditunjukkan dengan hasil rapid test non-reaktif. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Sebelumnya, yuk, kenali perbedaan Rapid Test dan PCR/Swab Test!

 

Apa itu Rapid Test?

Rapid Test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona. Rapid Test berfungsi sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosis infeksi virus Corona atau COVID-19.

Prosedur pemeriksaan Rapid Test dimulai dengan mengambil sampel darah dari ujung jari yang kemudian diteteskan ke alat Rapid Test. Selanjutnya, cairan untuk menandai antibodi akan diteteskan di tempat yang sama.

Mayoritas maskapai mensyaratkan hasil Rapid Test negatif atau non-reaktif bagi penumpang untuk dapat melakukan perjalanan.

Apa itu PCR atau Swab Test?

PCR atau polymerase chain reaction adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit COVID-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona.

Prosedur pemeriksaan diawali dengan pengambilan sampel dahak, lendir, atau cairan dari nasofaring (bagian antara hidung dan tenggorokan), orofaring (bagian antara mulut dan tenggorokan), atau paru-paru pasien yang diduga terinfeksi virus Corona.

Pengambilan sampel dahak ini dilakukan dengan metode swab, yang prosedurnya memakan waktu sekitar 15 detik dan tidak menimbulkan rasa sakit. Selanjutnya, sampel dahak akan diteliti di laboratorium.

Siapa yang harus melakukan PCR atau Swab Test? Orang dengan hasil Rapid Test reaktif harus melakukan PCR atau Swab Test untuk memastikan keberadaan virus COVID-19 di dalam tubuh.

Nah, untuk memudahkan pelanggannya memenuhi syarat naik pesawat kini bandara, maskapai dan travel agent berlomba-lomba menawarkan Rapid Test. Lokasi tesnya pun beragam. Ada yang di rumah sakit atau klinik terdekat dari rumah, ada yang di bandara, ada juga yang bisa panggil tim medis ke rumah.

Nah gimana Sobat SS Travel, sudah ga perlu takut lagi untuk berpergian wisata karena pelayana swab / pcr sudah tersedia di banyak tempat.