wisata lombok

Sudah mulai bosan karantina di rumah dan ingin segera liburan? Rencana membuat itinerary harus mundur lagi karena khawatir menggunakan fasilitas publik? Kamu dapat mengurangi kecemasan saat liburan dengan road trip, yaitu menempuh jalur darat untuk mengunjungi destinasi wisata.

Menurut Travel Pitching Kit 2020 dari PR Newswire (distributor siaran pers yang berkantor pusat di New York City) banyak penulis perjalanan, blogger, dan fotografer yang menekankan bahwa di masa pandemi saat ini, wisata terbaik adalah wisata domestik. Maka dari itu, ide road trip sangat mungkin untuk dilakukan. Terlebih, pemerintah tidak memberlakukan pembatasan perjalanan lewat jalur darat.

Untuk Sobat SS Travel yang tinggal di Pulau Jawa, road trip ke Jawa Tengah bisa menjadi pilihan liburan di masa pandemi. Beberapa daerah di Jawa Tengah yang dapat ditempuh menggunakan jalur darat, di antaranya adalah Semarang, Jepara, Wonosobo, Karanganyar, dan Banyumas. Daerah-daerah memiliki akses jalan darat yang baik dan juga memiliki tempat wisata alam yang memukau yang mudah dicapai.

 

1. Hutan Pinus Kalipasang, Desa Batur, Getasan, Kabupaten Semarang.

Ada tempat yang sejuk dan memanjakan mata bernama Hutan Pinus Kalipasang di Getasan, Kabupaten Semarang. Kamu akan disuguhkan dengan jajaran hutan pinus yang asri dan tumbuh rapi. Perlu diketahui juga bahwa lokasi Hutan Pinus Kalipasang berada di kaki Gunung Merbabu, sehingga selain menikmati pemandangan hutan pinus, kamu juga dapat menikmati suasana pegunungan yang sejuk dan nyaman. Spot foto instagramable juga dapat ditemukan di sini, salah satunya adalah panggung khas gunungan wayang dengan kursi-kursi ala tribun.

2. Curug Jenggala, Dusun Kalipagu, Ketenger, Baturaden, Kabupaten Banyumas.

Di Banyumas, terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter yang sangat gagah nan memesona. Air terjun ini dinamakan Curug Jenggala yang merupakan rangkaian dari sungai Banjaran dan sungai Mertelu. Tidak perlu khawatir, akses jalan menuju Curug Jenggala sudah rapi dan tertata. Sembari menuju ke lokasi, kamu dapat menikmati pemandangan alam gunung Slamet yang masih hijau dan terjaga.

3. Pulau Parang, Karimun Jawa, Jepara.

Buat kamu yang merasa belum liburan kalau belum ke pantai, coba, deh, ke Pulau Parang yang terletak di sebelah barat laut pulau utama Karimun Jawa. Pulau ini belum terlalu sering dikunjungi wisatawan. Suasananya tenang dan jauh dari ingar-bingar kota. Keberadaan terumbu karang, pantai, kebun kelapa, hasil bumi, dan sumber air tawar yang baik membuat pulau ini memiliki daya tarik wisata.

Karimun Jawa telah ditetapkan sebagai taman laut nasional Indonesia dengan 90 jenis terumbu karang, dan lebih dari 240 spesies ikan. Di beberapa pulau, kamu dapat melihat hutan mangrove dan hutan pantai. Selain itu kamu juga dapat menjumpai beberapa jenis satwa, seperti rusa, kera, burung, penyu, dan lain-lain.

 

4. Batu Pandang Ratapan Angin, Dieng, Wonosobo.

Dieng merupakan tujuan wisata andalan Wonosobo yang memiliki pemandangan sangat menakjubkan. Salah satu favorit pengunjung adalah Batu Pandang Ratapan Angin. Selain itu, ada destinasi-destinasi wisata lainnya di sekitar Dieng, seperti Telaga Warna, Telaga Pengilon, Candi Arjuna, dan masih banyak lagi. Selain panorama yang indah, di sana juga terdapat berbagai macam warung makan dengan sajian kuliner khas Dieng, seperti mie ongklok, carica, purwaceng, kentang goreng Dieng, dan tempe kemul.