Rukun Umroh Sesuai Dengan Ajaran Agama Islam

Ibadah umrah memang menjadi salah satu jenis ibadah yang dilaksanakan di Kota Mekkah, Arab Saudi. Meskipun hukumnya sunnah, namun dalam tata cara pelaksanaannya Anda wajib menjalankan seluruh rukun umrah yang sesuai dengan ajaran agama islam dan tidak boleh terlewati di salah satu rukunnya sehingga ibadah umrah Anda Insya Allah diterima oleh ALLAH S.W.T

Sebab, apabila Anda melewatkan atau tidak melaksanakan salah satu dari rukun ibadah umrah maka dapat dipastikan bahwa ibadah umrah yang tengah Anda laksanakan melanggar aturan hukum syariat ibadah umrah sehingga ibadah umra yang Anda laksanakan belum tentu diterima oleh ALLAH S.W.T.

Beberapa Rukun Umrah Yang Sesuai Dengan Ajaran Agama Islam

Dalam menjalankan ibadah umrah maka Anda perlu mengetahui dan kemudian menjalanan rukun ibadah umrah secara runtun tanpa ada satu yang terlewatkan. Namun sebelum itu ketahui terlebih dahulu tentang beberapa rukun umrah beserta dengan pengertiannya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Niat Ihram

Rukun ibadah umrah pertama yang wajib untuk Anda laksanakan adalah niat ihram. Niat ihram ini merupakan niat untuk menjalankan ibadah umrah. Apabila Anda lupa atau melewatkan niat ihram ini maka ibadah umrah Anda dianggap tidak sah.

Niat ihram ini dapat Anda lafadzkan ketika Anda telah melewati kawasan Birr Ali yang berada diantara Kota Mekkah dengan Kota Madinah atau 9 kilometer dari Masjid Nabawi.

Untuk niat ihram Anda dapat membaca kalimat “Labbaik Umrotan” yang memiliki arti ku sambut panggilanMu untuk menjalankan ibadah umrah atau “Allahumma Labbaik Umrotan” yang memiliki arti Ya Allah, aku sambut panggilanMu untuk melaksanakan ibadah umrah.

  1. Thawaf

Rukun ibadah umrah yang kedua adalah melaksanakan thawaf atau mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali disertai dengan mengucapkan kalimat talbiyah yakni “Labbaik Allahhumma Labbaik, Labbaika Laa Syariika Laka Labbaik, Innal Hamda Wanni’mata Laka Wal Mulka Laa Syarikalak”.

Dalam melaksanakan thawaf, Anda dianjurkan untuk melaksanakan 3 putaran pertama dengan berjalan cepat atau lari-lari kecil (bagi yang mampu) dan 4 putaran sisanya Anda dapat berjalan seperti biasa dengan terus melantunkan kalimat talbiyah.

Usahakan Anda memulai dan mengakhiri thawaf di Batu Hajar Aswad karena sesuai dengan kebiasaan Nabi Muhammad ketika melaksanakan thawaf dimulai dan diakhiri di tempat tersebut.

  1. Sa’i

Rukun ibadah umrah yang ketiga adalah melaksanakan saí atau berlari-lari kecil dari Bukit Shofa hingga Bukit Marwah.  Dalam menjalankan sa’i ini, Anda harus berlari-lari kecil atau berjalan dari Bukit Shofa hingga Bukit Marwah yang berjarak 405 meter sebanyak 7 kali yang diakhiri di Bukit Marwah.

Selama menjalankan sa’i, Anda dianjurkan untuk berdoa khusus untuk melaksanakan sa’i dan disunnahkan untuk meminum air zam-zam ketika Anda telah selesai menjalankan sa’i. Anda dapat melaksanakan sa’i tanpa berwudhu atau tengah dalam keadaan haid.

  1. Tahallul

Rukun ibadah umrah yang terakhir adalah tahallul. Tahallul dalam Bahasa Indonesia berarti yang dihalalkan. Ya, tahallul ini berarti menandakan bahwa jamaah umrah tersebut telah melaksanakan seluruh rukun umrah dan telah menjauhi segala larangan dalam melaksanakan ibadah umrah.

Untuk itu tahallul kemudian disimbolkan dengan memotong atau mencukur rambut minimal 3 helai. Namun, bagi jamaah laki-laki disarankan untuk mencukur rambut hingga botak dan jamaah wanita mencukur rambutnya minimal 3 helai.

Apabila jamaah umrah telah selesai melaksanakan tahallul maka telah usai sudah rangkaian pelaksanaan ibadah umrah sehingga ibadah umrah yang dilaksanakannya Insya Allah diterima oleh ALLAH S.W.T

Jadi, itulah beberapa rukun ibadah umrah yang perlu Anda ketahui dan wajib Anda kerjakan ketika Anda tengah melaksanakan ibadah umrah di Tanah Suci. Pastikan bahwa Anda tidak melewatkan salah satu rukun umrah dan menjalankan rukun umrah secara berurutan.

Bagi Anda yang berencana menjalankan ibadah umrah, maka Anda dapat mempercayakan pada biro agen travel umrah di Bandung.

Sebab agen travel umrah di Bandung ini telah berpengalaman di bidang tour and travel umrah, dipandu dengan guide yang ramah dan mampu membimbing jamaah dalam berdoa dan menjalankan ibadah umrah sesuai hukum syariat islam sehingga ibadah umrah yang tengah Anda jalankan dapat diterima Allah swt.