Manasik Umroh Meliputi Rukun Umroh & wajib umroh

Paket umroh
Jamaah ss travel sedang melaksanakan manasik

Dalam tata cara manasik umroh ada dua kegiatan penting, yaitu rukun umroh dan wajib umroh. Rukun umroh merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan sebagai salah satu syarat bahwa umroh anda sah. Apabila anda melewatkan satu kegiatan maka tidak dapat diganti dengan denda. Konsekuensinya adalah anda harus mengulang umroh.

Tujuan dilakukannya manasik adalah untuk memberikan gambaran kepada peserta tentang  apa saja yang akan dilakukan saat umroh di tanah suci. Selama manasik anda akan dibimbing untuk memahami tata cara umroh

 Manasik Umroh Lengkap

Berikut ini adalah contoh manasik umroh lengkap yang mana manasik ini dilakukan berdasarkan manasik umroh sesuai sunnah Rasulullah. Langkah pertama adalah  mengetahui rukun dan wajib umroh. Rukun umroh terdiri atas 4 hal, yaitu:

1. Ihram

Miqot di Yalam-lam, dzul khulaifah, Zuhfah, Dzul Irqi dan Qornulmanaji. Adapun sunat – sunat ihram adalah sebagai berikut:

  • Merapikan kuku, rambut, bulu ketiak, jenggot dan lain – lain sebelum melakukan ihram
  • Menggunakan pakaian ihram dengan syarat untuk wanita menggunakan kain yang tebal sehingga tidak memperlihatkan aurat kecualai muka dan telapak tangan.
  • Sebelum melakukan niat ihram diperbolehkan untuk menggunakan wewangian
  • Saat shalat wajib didirikan maka anda dapat mengerjakan shalat sunnah ihram setelah shalat wajib.

2. Tawaf

Tawaf adalah mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali yang diawali dari hajar aswad dan dan diakhiri di hajar aswad juga.  Arah mengelilingi ka’bah berlawanan dengan arah jarum jam.

3. Sa’i

Sa’i merupakan salah satu rukun umroh yang harus dikerjakan. Sa’i adalah berlari – lari kecil dari Safa ke Marwa sebanyak 7 kali.

4. Tahallul

Tahalul dikerjakan di Marwa dengan cara memotong sebagian rambut atau boleh gundul bagi laki – laki sedangkan pada wanita hanya sebagian. Khusus untuk wanita wajib yang mencukur adalah muhrimnya.  Mengerjakan tahalul menandakan bahwa umroh anda sudah selesai.

Sedangkan  wajib umroh adalah kegiatan yang harus dilaksanakan karena menjadi salah satu syarat sahnya umroh. Jika ada wajib umroh yang tidak dapat dilaksanakan maka anda dapat menggantinya dengan denda. Wajib umroh ada tiga, yaitu sebagai berikut:

  1. Niat umroh yaitu dari Miqat
  2. Menggunakan pakaian ihram
  3. Patuh terhadap larangan ihram