Inilah Tata Cara Umrah Yang Sesuai Hukum Syariat Islam

Di dalam ajaran agama islam terdapat beberapa jenis ibadah yang wajib dan sunnah untuk dilakukan. Beberapa jenis ibadah yang hampir mirip untuk dikerjakan namun memiliki perbedaan hukum dalam tata pelaksanaannya adalah ibadan haji dan umrah. Tata cara umroh dengan haji memang sekilas hampir sama karena sama-sama dikerjakan di Mekkah, Arab Saudi.

Ibadah umroh ini hukumnya sunnah sehingga bagi Anda yang mengerjakannya akan mendapatkan pahala dan apabila tidak mengerjakannya pun tidak apa-apa. Sedangkan ibadah haji ini hukumnya wajib (bagi yang mampu) karena ibadah haji termasuk dalam rukun islam yang ke 5 sehingga bagi Anda yang merasa mampu untuk melaksanakannya maka diwajibkan untuk menjalankan ibadah haji.

Tata Cara Umroh Yang Sesuai Dengan Hukum Syariat Islam

Menjalankan ibadah umrah ini pun juga wajib mengkikuti beberapa aturan-aturan yang juga berlaku dalam menjalankan ibadah haji. Meskipun hukumnya sunnah, Anda pun tidak diperkenankan menjalankan ibadah umrah sembarangan atau tidak mengikuti tata cara umrah yang sesuai dengan hukum syariat islam.

Sebab, apabila Anda melewatkan satu rukun ibadah umrah maka ibadah umrah yang tengah Anda kerjakan dianggap tidak sah karena melanggar hukum syariat agama islam tentang ibadah umrah.

Maka dari itu inilah beberapa tata cara  ibadah umrah yang perlu untuk Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan Persiapan dan Menggunakan Pakaian Ihram

Langkah pertama dalam menjalankan ibadah umrah adalah melakukan persiapan dan kemudian menggunakan pakaian ihram. Setelah Anda sampai di pemondokan maka disarankan untuk mandi dan wudhu kemudian shalat sunnah ihram 2 rakaat dan setelah itu menggunakan pakaian ihram sesuai dengan syariat islam.

Tujuan dari melakukan persiapan yang disertai dengan melakukan beberapa hal seperti mandi, wudhu dan shalat adalah agar tubuh dan hati Anda tetap suci dan bersih sebelum melakukan beberapa rukun umrah yang wajib untuk Anda jalankan selama menjalankan ibadah umrah.

  1. Ketahui Perbedaan Pakaian Ihram

Ketika Anda menjalankan ibadah umrah maupun ibadah haji maka pakaian yang wajib digunakan adalah jenis pakaian ihram. Terdapat beberapa perbedaan pakaian ihram antara jamaah laki-laki dan perempuan diantaranya adalah :

  • Jamaah Laki-Laki :
  • Menggunakan selembar kain berwarna putih dan tidak ada jahitan
  • Terbagi dalam 2 jenis kain ihram. Kain ihram pertama digunakan sebagai penutup aurat atau seperti sarung dan kain ihram yang kedua digunakan layaknya selendang.
  • Jamaah Wanita:
  • Menggunakan pakaian ihram yang tertutup dan boleh dijatih. Pakaian ihram wanita hampir mirip dengan jenis pakaian jubah tertutup.
  • Menggunakan jilbab langsung yang juga berwarna putih. Usahakan menggunakan pakaian yang menutup seluruh bagian aurat wanita
  1. Menjalankan Thawaf

Setelah Anda menggunakan pakaian ihram, Anda akan diarahkan menuju ke Masjidil Haram untuk menjalankan thawaf atau mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali dengan membaca kalimat talbiyah. Kalimat talbiyah ini berbunyi “Labbaik Allahhumma Labbaik, Labbaika Laa Syariika Laka Labbaik, Innal Hamda Wanni’mata Laka Wal Mulka Laa Syarikalak”.

Anda dapat membaca kalimat talbiyah sebanyak-banyaknya selama Anda melakukan rukun thawaf.

  1. Melaksanakan Sa’i

Setelah Anda menjalankan thawaf, kemudian Anda diarahkan untuk menjalankan Sa’i diantara Bukit Shafa dan Marwah. Sa’i ini pun juga dilakukan sebanyak 7 kali. Untuk melaksanakan Sa’i ini Anda dapat berjalan saja. Akan tetapi pada dua putaran terakhir Anda diwajibkan untuk berlari-lari kecil.

  1. Memotong Rambut (Tahallul)

Tahallul atau memotong rambut ini menjadi akhir dari rangkaian menjalankan ibadah umrah. Bagi jamaah laki-laki dianjurkan untuk mencukur rambut hingga gundul. Sedangkan untuk jamaah wanita dianjurkan untuk mencukur rambut minimal 3 helai saja.

Dalam proses tahallul ini Anda dapat menggunakan jasa pangkas rambut di sekitar pemondokan atau di kawasan Kota Mekkah sehingga dalam proses pemotongan rambut ini pun telah dinilai sesuai dengan syariat rukun ibadah umrah.

Itulah beberapa tata cara umrah yang sesuai dengan hukum syariat islam. Bagi Anda yang masih bingung memilih biro travel umrah terpercaya, maka Anda dapat memilih beberapa biro travel umrah di Bandung karena sudah terbukti terpercaya dan telah menyusun itinerary perjalanan yang sesuai dengan hukum syariat agama islam.