Inilah Beberapa Perbedaan Umrah dan Haji

Inilah Beberapa Perbedaan Umrah dan Haji

Bagi Anda yang beragama islam tentu mengerti dan mengetahui tentang salah satu ibadah yang harus dilaksanakan di Negara Arab Saudi bukan. Namun ternyata terdapat beberapa perbedaan umrah dan haji meskipun kedua jenis ibadah tersebut sekilas hampir mirip mulai dari jenis pakaian yang digunakan hingga tata cara pelaksanaan antara ibadah haji dengan ibadah umrah.

Bagi orang awam mengerti dan mengetahui tentang ibadah haji dan umrah tentu saja beranggapan bahwa ibadah umrah tersebut sama halnya dengan melaksanakan ibadah haji sehingga seseorang yang berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah umrah pun dianggap sudah pantas menyandang gelar Haji atau Hajjah.

Perbedaan Umrah dan Haji

Meskipun sama-sama menjadi jenis ibadah yang dikerjakan di Kota Mekkah dan Madina yang terletak di Negara Arab Saudi, kedua jenis ibadah tersebut memiliki perbedaan yang lebih spesifik sesuai dengan hukum syariat islam diantaranya adalah :

  1. Rukun Umrah dan Haji

Perbedaan haji dan umrah yang pertama adalah rukun haji dan umrah. Dalam pelaksanaannya, rukun haji ini terdiri dari niat ihram, wukuf di Arafah, thawaf, sa’i di Bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali, dan memotong rambut minimal 3 helai. Apabila terdapat salah satu rukun haji yang terlewat maka

Sedangkan tata cara umrah ini tidak disertai rukun wukuf di Arafah dan hanya menjalankan rukun umrah yang terdiri dari niat ihram, thawaf, sai, dan memotong rambut saja.

Apabila Anda melewatkan salah satu dari rukun haji dan umrah tentu saja ibadah haji dan umrah yang tengah Anda jalankan di Arab Saudi dianggap tidak sah karena melanggar larangan syariat dalam agama islam karena tidak menjalankan atau melewatkan rukun haji atau umrah.

Untuk itu bagi Anda yang berencana menjalankan ibadah umrah secara individu ataupun rombongan maka Anda dapat menggunakan jasa biro travel umrah di Bandung yang terbukti telah berpengalaman dalam menjadi agen tour and travel umrah dan tentunya menyediakan guide yang paham akan ketentuan dan larangan dalam menjalankan ibadah umrah.

Selain itu Anda juga akan diarahkan untuk menjalankan segala rukun umrah secara runtut sehingga tidak akan ada kegiatan atau rukun umrah yang terlewat sehingga ibadah umrah Anda Insya Allah akan tercatat sebagai ibadah yang diterima oleh ALLAH S.W.T

  1. Hukum Menjalankan Ibadah Umrah dan Haji

Perbedaan umrah dan haji yang kedua adalah landasan hukum dari kedua jenis ibadah tersebut.

Menurut Surat Al-Imron ayat 97 yang menjelaskan bahwa ibadah haji adalah sebuah ibadah yang wajib dilaksanakan bagi umat muslim yang mampu dari segi finansial dan fisik. Jadi dapat disimpulkan bahwa ibadah haji ini wajib dilaksanakan bagi umat muslim yang mampu dari segi finansian dan kesehatan.

Sedangkan ibadah umrah ini menurut beberapa hadist menjelaskan bahwa ibadah umrah ini sunnah untuk dilakukan sehingga apabila umat muslim tidak menjalankan ibadah umrah tidak mendapatkan apa-apa dan apabila menjalankannya maka mendapatkan pahala.

  1. Waktu dan Pelaksanaan

Perbedaan yang ketiga antara ibadah haji dengan ibadah umrah adalah perbedaan dalam waktu dan juga pelaksanaannya. Ibadah haji ini dilaksanakan setiap satu kali dalam setahun yakni di musim haji antara awal bulan Syawal sampai pada Hari Raya Idhul Adha yang jatuh pada bulan Dzulhijjah.

Dalam tata cara pelaksanaan ibadah haji ini membutuhkan waktu yang cukup panjang yakni sekitar 40 hari mulai dari pembekalan materi haji di pondok masing-masing kloter haji sesuai dengan domisili Anda hingga Anda pulang ke Indonesia. Sedangkan ibadah umrah hanya membutuhkan waktu sekitar 9 hingga 14 hari sesuai dengan itinerary travel umrah Anda.

Nah, apabila Anda menjalankan ibadah umrah melalui biro travel umrah di Bandung, maka Anda dapat menambahkan permintaan untuk mengunjungi beberapa lokasi-lokasi yang memiliki nilai sejarah di Kota Makkah dan Kota Madinah seperti mengunjungi Jabal Rahman, Makam Nabi Muhammad, dan beberapa tempat yang memiliki nilai historis islami lainnya.

Itulah beberapa perbedaan antara ibadah umrah dengan ibadah haji yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda berencana untuk menjalankan ibadah umrah maka Anda dapat mendaftarkan diri melalui agen biro travel umrah di Bandung karena telah berpengalaman di bidang tour and travel umrah serta telah memiliki susunan itinerary yang lengkap sehingga tidak melewatkan rukun umrah.