Tips dan Persiapan Sebelum Pergi Umroh

Pada bulan Maret-Mei, cuaca Mekkah bisa dikatakan sedang sejuk dan lebih bersahabat. Mengingat cuaca yang begitu panas, ada baiknya memilih waktu sesuai dengan kondisi Anda. Jika Anda termasuk orang yang mudah lelah, atau Anda memilih beribadah dengan rasa nyaman, pilihlah waktu dengan cuaca bersahabat.

Pasalnya, setelah melalui penerbangan yang lumayan panjang (sekitar 9 jam penerbangan) dan perbedaan waktu lebih kurang 4 jam di belakang waktu Jakarta (GMT+4). Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu dengan beribadah yang dilakukan tidak hanya di dalam masjid, tapi juga di ruang terbuka.

Namun, ibadah umroh sendiri selain banyak diminati pada bulan Ramadhan, juga ramai dilakukan pada musim liburan (Juni-Agustus). Jadi jika Anda memutuskan melaksanakannya di bulan-bulan itu, ada sedikit tips. Selalu gunakan pakaian berwarna putih yang memantulkan panas matahari. Dengan begitu, energi Anda tidak mudah terkuras karena panas tidak diserap baju dan tubuh.

Bulan Menentukan Biaya

Pemilihan waktu sendiri juga menentukan besarnya biaya yang akan Anda keluarkan. Jika Anda memilih pergi umroh di musim liburan, menjelang musim haji atau menjelang Ramadhan. Maka biaya yang dikeluarkan pasti akan lebih besar. Mengapa? Karena umumnya kenaikan paket umroh terjadi di tiga musim ini.

Pertama karena pada musim-musim tersebut biasanya peminat umroh meningkat. Kedua, pada saat ini terjadi persaingan ketat antar sesama maskapai penerbangan. Otomatis ini mempengaruhi pesawat yang akan dipergunakan. Pihak travel kesulitan untuk mendapatkan tarif pesawat yang murah sesuai budget.

Nah, jika Anda ingin mencari biaya perjalanan yang cenderung murah, ambillah paket umroh pada bulan Januari hingga Maret. Pada bulan-bulan ini, harganya biasanya lebih murah dibandingkan paket umroh untuk bulan april dan seterusnya.

Biasanya, Biro Perjalanan umroh sudah memberikan jadwal waktu keberangkatan dan kepulangan. Begitu juga Lokasi-lokasi saat kita akan beribadah umroh, tempat wisata yang bisa dikunjungi, hotel atau wisma tempat menginap. Bahkan uang yang harus kita bawa untuk bekal membeli oleh-oleh dan perlengkapan sehari-hari.

Biaya untuk beribadah umroh akan berbeda, bergantung pada Biro Perjalanan umroh yang Anda pilih. Biaya untuk umroh berkisar antara 20 juta rupiah sampai yang paling mahal bisa mencapai 35 juta rupiah. Tentunya, semua bergantung pada lokasi wisata yang bisa dikunjungi selama berada di Arab Saudi dan akomodasi (seperti hotel, maskapai penerbangan, dan sebagainya).

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Info Umrah terbaru