Urutan tata cara umrah yang perlu diperhatikan beserta bacaannya akan diulas dalam artikel ini. Kendati hampir mirip dengan pelaksanaan ibadah haji, nyatanya ibadah umrah mempunyai urutan tata cara umrah yang perlu diperhatikan.

Melansir laman resmi kemenag.go.id, dalam bahasa Arab, umrah artinya berkunjung. Sedangkan secara istilah, umrah adalah berkunjung atau ziarah ke Kakbah, tawaf, sa’i, dan memotong rambut (bagi pria) atau tahalul sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

Berbeda dengan ibadah haji, umrah dapat dikerjakan setiap waktu dalam setahun, sesuai dengan kesanggupan masing-masing orang.

Calon jamaah umrah bisa mempelajari ibadah umrah sesuai dengan rukun, hukum, syarat, waktu pelaksanaan, tempat pelaksanaan, dan tata cara umrah secara keseluruhan.

Sementara, pada hakikatnya ibadah umrah merupakan bagian dari ibadah mahdhah, yaitu ibadah yang sudah ditetapkan syaratnya, rukunnya, tempatnya, sampai waktunya.

“Seumpama dengan melaksanakan salat yang dimulai dengan niat dan diakhiri dengan salam, ibadah umrah juga dimulai dengan berihram (niat umrah) dan diakhiri dengan bertahalul (mencukur sebagian rambut)” ujar Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin kepada Okezone, Rabu 22 Januari 2022.

1. Persiapan Umrah

Sebelum berangkat menuju Miqat, ada baiknya untuk membersihkan diri dengan cara mandi junub yang disebut juga dengan istilah mandi wajib atau mandi besar untuk menyucikan badan dari hadas kecil atau hadas besar.

Mandi junub bisa diawali dengan niat, doa, basuh tangan sebanyak tiga kali, lalu bersihkan kotoran yang menempel di badan, setelah itu berwudhu. Kemudian, membersihkan diri dari ujung kepala hingga ujung kaki secara merata.

2. Ihram dari Miqat

Miqat adalah batas dimulainya ibadah haji (batas-batas yang telah ditetapkan). Menuju tempat miqat (tempat mulai niat dan berpakaian ihram) yaitu di Bir Ali. Bagi pria, boleh juga sejak di Madinah mulai memakai pakaian ihram, kemudian salat sunah ihram sebanyak dua rakaat, dan membaca niat umrah.

“Sejak memakai pakaian ihram tidak boleh menggunakan wangi-wangian, mandi memakai sabun, sikat gigi pakai odol, memakai peci atau pakaian lain, dan berhubungan suami-istri. Sepanjang perjalanan menuju ke Makah, membaca kalimat talbiyah sebanyak-banyaknya,” tuturnya.

Ada beberapa larangan yang perlu dihindari.

Larangan bagi jamaah laki-laki:

Memakai pakaian biasa, seperti kaos, celana jeans, kemeja, dan lain-lain

Memakai alas kaki yang panjang dan menutupi mata kaki

Menutup bagian kepala menggunakan topi, peci, dan sejenisnya

Larangan bagi jamaah perempuan:

Memakai baju biasa berlengan pendek

Memakai cadar

Larangan bagi jamaah laki-laki dan perempuan:

Menggunting kuku, mencukur rambut

Memburu atau membunuh binatang

Berhubungan intim

Bertengkar dengan mengucapkan kata-kata tidak sopan

Memotong tumbuhan yang berada di sekitar Makkah

Meminang wanita untuk dinikahi

Hindari menggunakan wewangian setelah menggunakan ihram

3. Niat Umrah di Miqat

Setelah semua siap dengan pakaian Ihram dan menjauhi larangan sesuai syariat Islam, kini saatnya mengucapkan niat umrah. Niat umrah ini sebaiknya diucapkan sebelum melewati Miqat.

Niat umrah yang bisa diucapkan, yaitu “Labbaikallahumma’umratan” (yang artinya aku memenuhi panggilan-Mu untuk menunaikan ibadah umrah)

4. Menuju ke Makkah

Jamaah umrah dianjurkan untuk mengucapkan talbiyah selama perjalanan menuju Kakbah di Makkah. Kalimat talbiyah ini sering diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika hendak umrah dan haji.

Berikut ini kalimat talbiyah yang bisa diucapkan: “Labbaikallahumma labbaik, labbaika laa syarika laka labbaik. Innal hamda wannikmata laka walmulka laa syarikalak.” (yang artinya Aku menjawab panggilan-Mu ya Allah, aku menjawab panggilan-Mu, aku menjawab panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku menjawab panggilan-Mu. Sesungguhnya segala pujian, kenikmatan dan kekuasaan hanya milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu)

5. Persiapan Memulai Aktivitas di Kakbah

Ketika sampai di Makkah, jamaah umrah sudah bisa menghentikan ucapan talbiyah. Jika ada yang belum memiliki wudhu atau batal, sebaiknya segeralah mengambil wudhu kembali.

Hal ini karena untuk melakukan tawaf, badan harus dalam keadaan suci dari hadas kecil maupun besar. Jamaah umrah juga disunnahkan untuk masuk ke dalam area Masjidil Al-Haram di Makkah dengan menggunakan kaki kanan dengan disertai do’a.

6. Thawaf

Thawaf adalah mengelilingi Kakbah sebanyak tujuh kali, diawali dan diakhiri di Hajar Aswad. Berikut beberapa urutan thawaf:

a. Putaran 1-3 berlari-lari kecil.

b. Putaran 4-7 berjalan biasa.

c. Tempat awal mulai tawaf: garis lurus (tapi garisnya tidak ada) antara pintu Kakbah dan tanda lampu yang dipasang di sisi masjid.

d. Pada batas ini, sambil melihat ke Kakbah terutama saat melihat Hajar Aswad, jamaah melambaikan tangan 3 kali dan sambil mengucapkan : “Bismillah, Allahu Akbar”.

7. Salat sunah di Maqam Ibrahim

Selanjutnya, disunahkan untuk melakukan salat sunah sebanyak 2 rakaat di belakang makam Nabi Ibrahim AS. Makam Ibrahim bukanlah kuburan dan tidak pula tempat yang terkait dengan kuburan lain, namun di tempat itu Nabi Ibrahim pernah berdiri dalam rangka membangun Kakbah. Kemudian, para jamaah bisa meminum air zam-zam yang didahului dengan berdoa.

8. Minum air zam-zam

Tata cara umrah selanjutnya yaitu meminum air zam-zam setelah selesai shalat dua rakaat. Sebelum meminum air zam-zam, disunahkan untuk membaca do’a kebaikan kepada Allah SWT sambil menghadap kiblat ke Kakbah. Sisa air minum pun bisa diusapkan ke bagian kepala, wajah, dan dada.

9. Sa’i

Sa’i merupakan rangkain dari perjalan umrah, yakni berjalan atau lari-lari kecil di antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali. Sa’i ini merupakan penghargaan Allah kepada istri Nabi Ibrahim AS, yaitu Siti Hajar yang bolak-balik Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali dalam rangka mencari setitik air untuk putra beliau yaitu Nabi Ismail AS (Sirah Nabi).

10. Tahallul

Adalah mencukur seluruh atau sebagian rambut. Pada tahap ini, tertib dan rangkaian umrah selesai.

SS TRAVEL mempersembahkan Program Umroh Exclusive, Program Ibadah Umroh yang sudah dirindu kan oleh #sahabatss semua!

Paket Exclusive dengan fasilitas bintang 4 GRADE A start from IDR 28.700.000 (quad)
Tentukan paket pilihanmu, mari Umroh bersama SS TRAVEL

Informasi dan konsultasi :
Jl. Parakansaat I No. 40 Cipamokolan Soekarnohatta – Bandung 40292
Tlp. +62 813-1201-7883

Contact Us : bit.ly/jadwalumrohss

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Info Umrah terbaru